7 Cara Alami Menhilangkan Karang Gigi

Penyebab Karang Gigi dan Cara Alami Mengatasinya

Assalamualikum Guys
         Apa kabar sejawat sekalian semoga  selalu sehat dan dimudahkan dalam kegiatan sehari-hari. Jangan lupa bersyukur ya Guys.  Pada Artikel kali ini kita membahas tentang  7 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Dan Penyebabnya.

      Coba perhatikan dengan baik gigi Anda. Jika terlihat lapisan keras berwarna kekuningan atau kehitaman di permukaan gigi Anda, itu adalah karang gigi (calculus).Meskipun kerap dianggap sebagai masalah sepele, namun hasil penelitian yang dilansir oleh sebuah lembaga kesehatan independen Indonesia, menyebutkan 80 persen orang Indonesia positif bermasalah dengan karang gigi.Walaupun karang gigi merupakan masalah gigi terbesar yang dikeluhkan masyarakat, tetapi 87 persen di antaranya tidak berobat ke dokter gigi. Penelitian ini cukup membuktikan bahwa masyarakat kurang peka terhadap kesehatan giginya.Apalagi Buat kalian yang takut atau males ke dokter gigi  bisa jdi masalah besar Guys , Kenapa???.

      Karena jika tetap tak dibersihkan maka plak ini akan bercampur dengan air ludah yang mengandung mineral. Plak yang telah bercampur air ludah ini selanjutnya akan mengalami mineralisasi. Jika tetap diabaikan plak ini akan mengeras membentuk karang gigi. Terbentuknya karang gigi ini menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar dan menjadi tempat menempelnya plak. Terbentuknya plak baru ini akan menyebabkan karang gigi jadi semakin mengendap, menebal dan menjadi sarang kuman bahkan sakit jantung lho Guys. Ngeri kan Guys. Kalian nggak usah kuatir karena ada Cara Alaminya lho. Berikut 7 Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Menurut Para Jurnalis:

A.Penyebabnya
       Sebelum kita mengetahi cara menghilangkan karang gigi kita harus tau dulu apa penyebabnya. Berikut Penyebabnya

1. Tidak Menggosok Gigi Sesudah Makan
             Banyak orang mungkin berpikir bahwa menggosok gigi cukup dilakukan pagi dan malam hari. Ya, menggosok gigi di malam hari memang penting sebab di saat kita tidur biasanya kuman berkembang lebih cepat. Namun demikian, menggosok gigi setiap selesai makan lebih dianjurkan. Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa makanan yang menempel di celah-celah gigi. Dengan berkumur dan menggosok gigi setelah makan maka kesehatan mulut akan terjaga dengan baik.

2.  Cara Menyikat Gigi yang Salah
               Kalian pernah mikir nggak Guys kalo kalian udah rutim sikat gigi. Mungkin ada yang salah dari metode menyikat gigi kalian Guys.Apakah Kamu yakin sudah benar? Menggosok gigi asal-asalan tidak akan mampu membersihkan sisa makanan secara tuntas. Mungkin hanya menjangkau permukaan bagian tengah saja.
Saat menggosok gigi, pastikan sikat menjangkau seluruh bagian gigi. Untuk bagian permukaan depan, lakukan gerakan vertikal atau melingkar dari atas ke bawah hingga ke bagian tepi gusi. Tak lupa pula, bersihkan lidah menggunakan pembersih lidah untuk menghilangkan kuman sisa makanan. Setelah itu, berkumurlah hingga bersih.

 3. Plak Yang Dibiarkan Saja
               Jangan pernah meremehkan plak yang muncul di gigi. Apabila Kamu melihat ada sedikit plak kekuningan maka segera bersihkan. Biasanya plak yang masih tipis bisa dihilangkan dengan menggosok gigi. Sedangkan untuk plak yang sudah agak lama terbentuk, Kamu bisa membersihkannya dengan mengunjungi klinik gigi. Keberadaan plak yang disepelekan dan tidak segera diatasi bisa memicu timbulnya karang gigi.

4. Kebiasaan Mengosumsi Makanan Tertentu
          Karang gigi juga bisa ditimbulkan akibat kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu, misalnya minuman berkafein (seperti kopi dan teh), kebiasaan merokok, serta mengonsumsi makanan manis berlebihan (seperti permen dan coklat). Oh ya, makanan berkabohidrat juga bisa menjadi pemicu karang gigi. Oleh sebab itu, Kamu dianjurkan untuk menyikat gigi sesudah makan.

B. Cara Alami Mencegahnya

    1. Lidah Buaya
Hasil gambar untuk lidah buaya
          Siapa yang tak kenal lidah buaya? Lendir dari tumbuhan ini telah lama diteliti oleh para ilmuwan dan mereka menemukan adanya kandungan anti bakteri dan anti mikroba. Oleh sebab itu, tak heran banyak masyarakat yang memanfaatkan lendir daun ini untuk mengatasi radang gusi, mengilangkan plak dan juga karang gigi. Untuk penggunaanya Kamu hanya perlu mengoleskan lendir atau gel-nya pada gigi dengan menggunakan tangan atau sikat gigi. Tunggu kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih. Obat ini bisa Kamu gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Jambu Biji
Hasil gambar untuk jambu biji
        Apakah Kamu penggemar jambu biji? Nah buah yang satu ini telah diteliti dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi. Dalam sebuah studi yang dilakukan di India dan dimuat dalam  Journal of Applied Microbiology,dipaparkan bahwa jambu biji berpotensi dijadikan obat untuk penyakit periodental (penyakit yang berhubungan dengan gusi) serta ampuh membunuh bakteri Streptococcus mutans (yakni bakteri penyebab terbentuknya plak gigi) .Daun jambu biji juga berguna dalam mengatasi inflamasi dan rasa nyeri.
         Untuk penggunaanya, Kamu bisa langsung mengunyah buah jambu biji yang telah dipotong-potong. Taburkan sedikit garam dan pastikan Kamu mengunyahnya tepat dibagian gigi yang berkarang. Agar hasilnya cepat terlihat, lakukan hal ini 1-2 kali dalam sehari hingga karang mulai memudar.

3. Cengkeh
Hasil gambar untuk cengkeh
       Penelitian yang dilakukan di India dan diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology memapaparkan bahwa rempah yang satu ini memiliki khasiat dalam mengatas sakit gigi serta menghilangkan karang atau plak. Hal ini dikarenakan di dalamnya terkandung senyawa yang bertugas sebagai anti-plak dan anti-gingvitis (peradangan pada gusi).Wah luar biasa ya Guys.
   Cara membuatnya, pertama Kamu harus menghaluskan cengkeh terlebih dahulu guys . lalu ambil kira-kira 1 sendok teh bubuknya, tuangkan dalam mangkuk. Lalu tambahkan 5 tetes minyak zaitun. Aduk rata. Selanjutnya gunakan ramuan ini untuk menggosok gigi.
  Baca Juga




1
2
3
4
5


4. Kulit jeruk
Hasil gambar untuk kulit jeruk
    Bukan  buahnya saja yang mengandung beragam khasiat. Melainkan kulit jeruk pun juga tak kalah bermanfaat. Selain digunakan sebagai pewangi ruangan dan pengusir nyamuk, kulit jeruk juga ampuh dalam menghilangkan karang gigi dan sebagai cara memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan limonene di dalamnya. Serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri.
     Cara menggunakannya, cukup usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau Kamu bisa menggunakannya saat tidur malam. Keesokan paginya berkumurlah dengan air hingga bersih.

5. Biji Wijen
Hasil gambar untuk bijiwijen
      Cara yang sering diterapkan oleh masyarakat yakni dengan menggunakan biji wijen.Mengapa?? , Karena biji ini memiliki kandungan minyak yang berpotensi melawan bakteri streptococcus mutans penyebab terbentuknya plak gigi.
    Cara menggunakannya, Kamu hanya perlu mengunyah biji-nya. Pastikan untuk mengunyah di bagian gigi yang berkarang. Kemudian ratakan dengan sikat gigi. Terakhir berkumurlah dengan air bersih. Oiya, hindari untuk menelan biji ini ya Guys.

6. Teh Hijau
Hasil gambar untuk teh hijau
      Apakah Kamu pernah mengonsumsi teh hijau? Teh dari golongan Camellia sinensis ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.Dilansir dari DavidWolfe.com, teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk plak hanya dalam hitungan menit, serta ampuh menghilangkan karang gigi dan mencegah radang gusi.

       Cara menggunakannya, Kamu bisa menggunakan rebusan air teh hijau untuk berkumur. Bahan ini aman dan tidak memicu efek samping apapun lho Guys.

7. Makanan Pedas
Gambar terkait
      Buat Kalian yang suka makanan pedas rupanya makanan pedas  ampuh untuk menghilangkan karang gigi lho Guys. Faktanya mengonsumsi makanan pedas bisa membantu mengurangi kerusakan gigi. Semisal bawang, rempah ini kaya akan vitamin (seperti vitamin B6, vitamin C, asam folat) yang dapat melawan bakteri dalam mulut.

   Selain itu, cabe juga bisa digunakan alternatif alami penjaga kesehatan mulut. Cabe memiliki vitamin A yang berpotensi melawan infeksi, mengatasi rasa nyeri, serta meningkatkan sekresi saliva untuk mencegah bau mulut. Namun demikian, perlu diperhatikan juga bila Kamu mengonsumsi makanan pedas yang mengandung asam berlebihan, hal ini tidak dianjurkan sebab bisa berisiko mengikis enamel gigi.

Nah itulah 7 cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami  menurut Para Jurnalis .Menurut kalian selain yang diatas apa aja cara dan penyebabnya Guys? Komen di kolom bawah ya. Dan buat kalian yang mau request bisa komen di bawah . Semoga Bermanfaat. Sekian dari Saya Sakam Jurnalistik
Wassalam






Share on Google Plus

About Para Jurnalis

0 comments:

Post a Comment