7 Teknologi Kuno Super Canggih Asal Indonesia

7 Teknologi Kuno Canggih Asli Indonesia Yang Diakui Dunia.


Assalmualaikum Guys
         Apa kabar sejawat sekalian semoga  selalu sehat dan dimudahkan dalam kegiatan sehari-hari. Jangan lupa bersyukur ya Guys.  Pada Artikel kali ini kita membahas tentang  7 Teknologi Kuno Canggih Asli Indonesia Yang Diakui Dunia.
                 Teknologi merupakan suatu unsuryang penting bagi kehidupan tanpa adanya teknologi semua aktifitas kita menjadi terbatas contohnya saj jika tidak ada hp maka kita tidak akan mengenal orang yang dari benua berbeda dari kita.Namun semakin  berkembang pesatnya teknologi ada juga lho teknologi kuno yang canggih asal indonesia bahkan ada juga yang dipake sampai sekarang berikut  7 Teknologi Kuno Super Canggih Asli Indonesia menurut Para Jurnalis:

1. . Rumah Gadang
Hasil gambar untuk rumah Gadang
    
      Kalian tahu kan dengan yang Namanya Rumah Gadang . Ya rumah Adat Suku Minang ini termasuk rumah yang canggih di zamannya lho Guys. Pasalnya Para nenek moyang yang menciptakan arsitektur rumah gadang rupanya berpikiran sangat futuristik, bahkan melampaui zamannya. Konstruksi rumah asli Sumatera Barat ini rupanya dirancang agar dapat menahan gempa bumi. Rumah tradisional ini sudah membuktikan rekayasa konstruksi dengan daya lentur dan soliditas pada saat terjadi guncangan akibat gempa hingga berkekuatan melampaui 8 skala richter. Bentuk rumah ini akan tetap stabil saat menerima guncangan. Getaran dari tanah akan terdistribusi semua ke seluruh bangunan. Hebatnya, rumah gadang ini tidak menggunakan paku sebagai pengikatnya, melainkan sebuah pasak sebagai sambungan. Selain itu, tiang bangunan ini tidak menyentuh tanah, melainkan dialaskan dengan sebuah batu. Batu ini memiliki fungsi sebagai peredam getaran dari tanah sehingga tidak akan memengaruhi bangunan di atasnya. Jika ada getaran, rumah gadang ini akan berayun mengikuti gelombangnya.


2. Kapal Jung Jawa
Hasil gambar untuk kapal Jung jawa
        
    Kalian Tau nggak Guys jauh sebelum era Cheng Ho dan Columbus, para penjelajah laut Nusantara sudah melintasi sepertiga bola dunia dengan kapal yang  sangat cangggih yang diberi nama kapal Tjung Jawa .
       
       Berdasarkan relief kapal di Candi Borobudur membuktikan bahwa sejak dulu nenek moyang kita telah menguasai teknik pembuatan kapal. Kapal Borobudur telah memainkan peran utama dalam segala hal dalam bahasa Jawa pelayaran, selama ratusan tahun sebelum abad ke-13.Memasuki abad ke-8 awal, kapal Borobudur digeser oleh Jung besar Jawa, dengan tiga atau empat layar sebagai Jung. Kata ‘Jung’ digunakan pertama kali dalam perjalanan biksu Odrico jurnal, Jonhan de Marignolli, dan Ibn Battuta berlayar ke Nusantara, awal abad ke-14.

        
    Mereka memuji kehebatan kapal Jawa raksasa sebagai penguasa laut Asia Tenggara. Teknologi pembuatan. Jung tak jauh berbeda dari karya kapal Borobudur; seluruh badan kapal dibangun tanpa menggunakan paku. Disebutkan, jung Nusantara memiliki empat tiang layar, terbuat dari papan berlapis empat serta mampu menahan tembakan meriam kapal-kapal Portugis. Bobot jung rata-rata sekitar 600 ton, melebihi kapal perang Portugis. Jung terbesar dari Kerajaan Demak bobotnya mencapai 1.000 ton yang digunakan sebagai pengangkut pasukan Nusantara untuk menyerang armada Portugis di Malaka pada 1513. Wah luar biasa ya Guys


3.TempeHasil gambar untuk tempe

        
       Salah satu lauk pauk ini rupanca termasuk teknologi kuno lho Guys.Gimana nggak Guys tempe ini dibuat dengan menggunakan mikroorganisme atau mikroba di tingkatan sel untuk pangan. Sebenarnya Jepang, Tiongkok, dan India juga sudah mengolah kedelai dengan ragi. Namun, yang menggunakan ragi Rhizopus hanyalah Indonesia. Seperti yang tertulis dalam bab III dan bab XII manuskrip Serat Centhini yang menceritakan Jawa di abad ke-16, istilah "tempe" sudah masuk di sana. Tentunya, ini merupakan sumbangan nenek moyang kita dalam hal kuliner dunia Guys.


Baca Juga



1
2

3
4
5



4.Pengindelan Danau Tasikardi
Hasil gambar untuk pengindelan danau tasikardi
        
       Teknologi Penjernihan Air tak hanya ada di zaman modren saja lho Guys nyatanya nenek moyang kiat sudah melakukannya pada abad ke-16 hingga abad-  ke 17. Konon Kesultanan Banten sudah membangun bangunan penjernih air untuk menyaring air yang berasal dari Waduk Tasikardi hingga Keraton Surosowan. Sebelum air masuk ke Surosowan, air yang keruh dari Tasikardi disalurkan dan disaring melewati tiga bangunan yang bernama Pengindelan Putih, Abang, dan Emas. Kemudian air mengalir ke Surosowan melewati serangkaian pipa yang terbuat dari tanah liat berdiameter 40 cm. Sungguh luar biasa ya guys penguasaan teknologi pengolahan air keruh menjadi air siap pakai ini.

5. Candi Borobudur
        Hasil gambar untuk tingkatan candi borobudur
     
     Candi ini diperkirakan dibangun pada tahun 824 Masehi oleh Raja Mataram yang bernama Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Bangunan candi ini menjadi salah satu yang paling megah di dunia. Rasanya lumayan mengagumkan bagaimana orang zaman dahulu mampu membuat candi ini tanpa menggunakan paku bumi sebagai alat untuk mengokohkan bagian pondasinya. Bahkan, dengan kecanggihan teknologi masa kini saja masih terbilang sulit untuk membangun candi seperti ini.

6.Keris
  Gambar terkait
       
     Tak hanya soal arsitektur bangunan, kecanggihan teknologi kuno juga menjangkau penempaan logam. Penempaan logam memang sudah berkembang saat awal masehi di kawasan Nusantara. Para empu terdahulu sudah mengenal kualitas dari masing-masing logam. Salah satunya adalah keris yang dibuat dengan teknik tempa yang luar biasa. Bagaimana tidak pemilihan batu meteorit yang berunsur titanium juga menjadi penemuan nenek moyang yang mengagumkan. Titanium dikenal sebagai bahan terbaik untuk membuat keris karena bahannya yang ringan, namun kuat. Kesulitannya adalah bahan titanium memiliki titik lebur yang mencapai 60 derajat celcius, jauh dari besi dan baja yang berkisar di angka 10 ribu derajat celcius. Wah Luar Biasa Ya Guys

7.Si Gale-Gale
Hasil gambar untuk si gale gale
        
          Sebelum adanya robot nenek moyang kita sudah7Teknologi Kun pernah membuat benda seperti Robot lho Guys . Namanya SiGale-Gale boneka ini menguasai sistem kompleks tali yang dibuat sedemikian rupa. Melalui tali yang ditarik ulur inilah boneka itu dapat membungkuk dan menggerakan “tangannya” sebagai mana layaknya orang menari. Menurut cerita, Seorang Raja dari Suku Karo di Samosir membuat patung dari kayu untuk mengenang anak satu-satunya yang meninggal dunia. Patung kayu tersebut dapat menari-nari yang digerakkan oleh beberapa orang. Sigale – gale dimainkan dengan iringan musik tradisional khas Batak. Boneka yang tingginya mencapai satu setengah meter tersebut diberi kostum tradisional Batak. Bahkan semua gerak-geriknya yang muncul selama pertunjukan menciptakan kesan-kesan dari contoh model manusia.

Kepalanya bisa diputar ke samping kanan dan kiri, mata dan lidahnya dapat bergerak, kedua tangan bergerak seperti tangan-tangan manusia yang menari serta dapat menurunkan badannya lebih rendah seperti jongkok waktu menari. Si gale-gale merupakan bukti bahwa nenek moyang kita sudah dapat membuat boneka mekanikal atau robot walau dalam bentuk yang sederhana. Robot tersebut diciptakan untuk dapat meniru gerakan manusia.
   
     Nah itulah 7 Teknologi Kuno Canggih Asli Indonesia Yang Diakui Dunia. Menurut kalain teknologi apa yang menarik guys komen di kolom bawah ya. Dan buat kalian  yang suka dengan arikel kayak ini share di facebook dan twiter kalian ya Guys.Sekian dari Saya Salam Jurnalistik.
Wassalam



Share on Google Plus

About Para Jurnalis

0 comments:

Post a Comment